Kamis, 31 Mei 2012

ARTIKEL ILMIAH POPULER


BAVIAN KUNCUNG MERAH MERONA
Oleh: Yulia Rahmawati

Indonesia, di Negara yang dengan kepulauan terbesar,memiliki sumber daya alam yang melimpah ruah. Negara yang terkenal pula dengan keramahannya ini dipenuhi juga dengan keanekaragaman hayati dan hewani. Bermacam – macam jenis flora dan fauna tersebar di sepanjang sabang sampai merauke. Keanekaragaman itu tidak lepas dari letak geografis Indonesia yang dilintasi garis khatulistiwa.
Sebenarnya disini kita akan membahas mengenai Bavian kuncung atau sering disebut yaki atau monyet berjambul. Sebenarnya bukan hanya komodo saja yang ada sampai sekarang dan hampir punah, tetapi masih banyak sekali hewan-hewan di Indonesia yang keberadaannya dikategorikan sebagai endangered, diantaranya hewan yang satu ini,Yaki.

Bukan bibir tapi bokong


Saat pagi datang, sinar matahari menusuk malu-malu diantara dedaunan, menembus hingga hamparan daun yang jatuh ke tanah. Secara bersamaan, sebuah bayangan hitam meluncur turun diantara pepohonan, mendarat mulus di tanah, persis dimana sinar matahari pagi menyebar. Bayangan hitam tadi adalah Yaki.
Bawean kuncung atau Yaki merupakan salah satu hewan endemik dari Sulawesi yang sampai sekarang masih menghuni bumi kita tercinta, hewan ini mempunyai banyak keunikan, salah satunya adalah bokongnya yang membengkak merah. Sebenarnya kenapa bokong yaki bisa merah ya?
Kera berjambul ini memiliki beberapa persamaan dengan saya juga anda sekalian yang membaca, diantaranya tubuh yaki jantan lebih besar dari pada betina, untuk jantan saja bobotnya 11 kg, sedangkan untuk betina 7 kg, tapi Yaki hanya memiliki ekor sepanjang 2 cm. Tulang pipi menonjol, sekujur tubuhnya diselimuti oleh bulunya yang hitam, kecuali bagian muka dan daerah bottom atau glutea atau bokong yang disebut inchial callosities yang berwarna kemerahan. Yang paling unik dari hewan ini adalah jambul yang dimilikinya.
Macaca nigra dapat dijumpai pada hutan primer atau sekunder dataran rendah (pesisir) hingga dataran tinggi hingga 2000 mdpl. Makanan pavoritehewan ini adalah buah juga serangga tapi buah yang paling digemarinya adalah dari jenis-jenis beringin dan kananga untuk proteinnya mereka lebih suka memakan jangkrik dan kumbang. Yaki juga dikenal dikenal sebagai penjarah tanaman pertanian dan suka makan jagung, pepaya, mangga, dan kelapa. 
Macaca nigra menyimpan makanannya dalam kantung khusus dipipinya, selagi berjalan binatang ini kadang mengeluarkan simpanan makanan dari kantungnya lalu mengunyah-ngunyah dan menelan daging buah serta membuang bijinya. Dengan cara itu binatang itu menyebar biji buah-buahan di lantai hutan dan sangat berjasa dalam regenerasi hutan. Hewan ini bukan hewan yang terlalu bersahabat dengan kingdom sejenisnya tetapi mereka juga mempunyai musuh, dan musuhnya adalah ular phyton. Sama seperti tarsius yang menjadikan phyton sebagai musuhnya. Sebenarnya bukan hanya kedua spesies ini yang menempatkan phyton sebagai musuh, tapi saya juga adalah salah satu spesies yang enggan dekat dengan ular phyton.

Kenapa Bokongku memerah?

Cara kawin hewan ini yaitu diawali dengan bokong yang membengkak merah pada betina menandakan binatang itu sedang birahi, lalu terjadi hubungan intim dengan beberapa pejantan. Masa hamilnya berlangsung ± 6 bulan. Macaca nigra  betina biasanya melahirkan anak dengan selang waktu 18-24 bulan. Di alam, Macaca nigra  mempunyai kelompok besar yaitu antara 20 – 70 ekor. Perbandingan antara jantan dan betina dalam kelompok 1:3,4 dan dapat bertahan hidup hingga 26 tahun
Hewan ini sangat terorganisir dan kompleks. Pejantan membentuk hirarki kekuasaan seperti “patuk-mematuk” pada ayam. Pejantan terbesar dan paling kuat memegang prioritas dalam mendapatkan makanan dan jodoh. Betina dewasa menanggung sebagian besar tugas membesarkan anak, kaum remaja melewatkan waktu dengan berjumpalitan dan berkejar-kejaran atau bergumul dengan sebayanya. Senyumannya ini mengajak bermain-main bukan menantang berkelahi.

Jangan makan aku

Yaki suka bepergian dan tinggal berkelompok. Yaki betina cenderung untuk menetap di rumah mereka sedangkan yaki jantan berpindah dari satu kelompok ke kelompok yang lain. Dalam kelompok Macaca Nigra ini kekuasaan berada ditangan betina karena Macaca nigra  menyadari Macaca nigra  betina lebih dominan daripada Macaca nigra  jantan. Jadi selain manusia khususnya saya yang gemar jalan-jalan, tapi yaki jantanpun seperti itu.
Macaca nigra sekarang ini digunakan untuk makanan dan mempunyai nilai jual di Indonesia. Kadang-Kadang Macaca nigra terjerat dan diambil untuk dijadikan binatang kesayangan oleh masyarakat. Bagaimanapun, manusia boleh memanfaatkannya dengan pemeliharaan populasi yang tetap utuh dibanding mengeksploitasi mereka.


Ditulis Oleh : Artikel ilmiah // 17.09
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.