Kamis, 31 Mei 2012

ARTIKEL ILMIAH POPULER

LEBAH  YANG  BERTAHTA
Penulis : Lubi Maulana Yusuf

Lebah merupakan serangga sosial  kaya manfaat,sebenarnya tidak semua lebah bersifat  kelompok, karena  ada  yang  hidup  secara  soliter.Dalam  satu  kelompok terdapat tiga  kasta  yaitu : lebah ratu,lebah  betina,  lebah  jantan. Walaupun populasi lebah  yang demikian padat, lebah mampu melakukan pekerjaannya secara terencana,teratur dan rapi.


Binatang lebah dekat  dengan  penjual  jamu,kenapa? bukan  hewannya  melainkan  madu  yang  dihasilkan  karena  bisa  di  campur  dengan  ramuan  tradisional. Madu  dibuat  oleh  lebah  dengan   kegigihan  yang  tinggi  sehingga  dapta  hasil  yang  baik. Wah...  kegigihan  yang  bisa  ditiru untuk  mendapatkan  kesuksesan  dalam kehidupan manusia.

 Penjelasan Lebah
Serangga lebah masuk dalam suku atau familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Di dunia terdapat kira-kira 20.000 spesies lebah dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika.Sebagai serangga, ia mempunyai tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Lebah membuat sarangnya di atas bukit, di pohon kayu dan atap rumah. Sarangnya dibangun dari malam yang diproduksi oleh kelenjar-kelelenjar lebah betina yang masih muda terdapat dalam badannya. Lebah memakan nektar bunga dan serbuk sari.

 Pembagian Kerjaan

Di dalam  sarang  lebah  terdapat  penghuni  yang  memiliki  jabatan masing-masing  diantaranya:
       Ø    Ratu Lebah sebagai  pemimpin  bangsa  lebah
     Ø  Lebah jantan tidak bertugas mengumpulkan pollen atau madu, lebah jantan hanya membersihkan sarang, menjaga sarang dan tugas ringan lainnya. Fungsi utama lebah jantan adalah mengawini  Ratu  Lebah.

       Ø     Lebah  pekerja :
    §  Lebah  perawat sebagai pekerja yang khusus merawat ratu lebah dan anak-anaknya atau larva. Mereka bertanggung jawab untuk memproduksi royal jelly, serta memberi makan sang ratu dengan royal jelly
§  Lebah  pencari  sebagai  lebah pekerja yang mencari sumber-sumber pollen, nektar dan propolis.
§  Lebah  pengumpul sebagai  mengumpulkan pollen dari bunga-bunga.
 
             Pemimpin  lebah
 
Ratu lebah bobot tubuh lebih besar dan berat 2,8 kali berat lebah pekerja. Setiap koloni lebah memiliki  satu Ratu Lebah bila  dalam satu koloni ada dua ratu lebah maka keduanya akan saling membunuh untuk mendapatkan kedudukan sebagia ratu lebah.
Ratu lebah bertugas memimpin dan menjaga keharmonis lebah dalam satu koloni. Semua lebah dalam satu koloni akan sangat mentaati ratu lebah, kemanapun ratu lebah pergi maka satu koloni lebah akan mengikutinya. Selain memimpin koloni lebah, ratu lebah mempunyai tanggung jawab untuk meneruskan kelangsungan hidup koloni lebah yaitu dengan cara bertelur sepanjang hidupnya. Ratu lebah sanggup bertelur 1500-2000 butir setip harinya.
Ratu lebah mempunyai umur yang lebih lama dibandingkan dengan lebah pekerja. Lebah pekerja berumur sekitar 40 hari tetapi ratu lebah sanggup hidup hingga 3-5 tahun atau sekitar 30 kali lebih lama dari lebah pekerja.Rahasia ratu lebah berumur lebih lama adalah disebabkan ratu lebah mengkonsumsi Royal Jelly sepanjang hidupnya. Sedangkan lebah pekerja hanya mengkonsumsi royal jelly selama 3 hari pada saat menjadi larva.
                Lebah  adalah  serangga   pembuat  madu  namun  memiliki  Ratu yang  sangat  dipatuhi  oleh  prajurit  sebutan  lebah  pekerja.   Serangga  ini  memiliki  kerja  yang  terencana,  teratur  dan  rapi.Sebuah  cermin  pembelajaran  bagi  manusia  yang  berantakan  dalam menata  kehidupan.

Ditulis Oleh : Artikel ilmiah // 13.12
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.