Kamis, 31 Mei 2012

ARTIKEL ILMIAH POPULER


Hewan Lunak yang Cerdas
Oleh : Dasuki Wirahman


Saat berkunjung ke sebuah tempat rekreasi Sea World sering kita melihat suatu pertunjukan hewan-hewan laut yang mebuat kita kagum, hewan-hewan tersebut dapat melakukan berbagai atraksi seperti menghitung, memainkan bola dan sebagainya seperti halnya kebiasaan manusia lakukan, mereka dapat melakukan suatu pertunjukan tersebut karena hasil belajar dan di latih oleh manusia.

Kenaliku Lebih Dekat

Gurita adalah jenis hewan laut yang bertubuh lentur, kenapa bisa lentur? karena hewan ini tidak mempunyai rangka dalam dan rangka luar sehingga tubuhnya terdiri dari lapisan otot sehingga menjadi lunak. kepalanya yang lonjong, memiliki dua mata seperti lubang celengan, insang berdekatan dengan mulut yang menyerupai paruh burung, Hewan ini memiliki delapan kaki yang menyerupai lengan, jadi cara berjalan hewan ini dengan merangkak menggunakan lengan-lenganya tersebut. Ketika berenang bagian kepala berada di depan dengan diikuti kedelapan lengan-lengannya.

Saat Mencari Makan  

Hewan yang pandai menyamar ini ketika sedang mencari makan ia akan berdiam diri dan memanfaatkan batu-batu karang, dengan cara merubah warna kulitnya menyerupai batu karang itu, ketika ada mangsa yang mendekati batu karang tersbut, yang sebenarnya itu adalah gurita yang sedang menyamar, saat mangsa dalam keadaan lengah ia akan langsung menyergap dan  melilitnya dengan ke delapan lengan, dilengannya terdapat bulatan-bulatan kecil seperti mesin penghisap bila sudah terjerat susah dilepaskan. Setelah mangsa takberdaya mulutnya yang keras seperti paruh burung akan mencabik cabik sampai menjadi potongan-potongan kecil dan mudah untuk dimakan.

            Memadu Cinta

Saat musim kawin telah tiba gurita jantan  akan mencari pasangan untuk melapiaskan hasrat bercinta dengan gurita betina. Tempat strategis yang di pilih untuk bercinta yaitu di terumbu karang. Gurita jantan akan meletakan spermanya  kedalam rongga mantel gurita betina. Setelah dibuahi betina bisa bertelur sampai 200.000 butir. Setelah telur menetas larva gurita sementara waktu akan melayang-layang bersama kawanan plankton sambil memangsa larva kepiting dan larva bintang laut sampai cukup besar dan berat untuk berada di dasar laut.

Cara Terbaik Menghadapi Musuh

Saat dalam keadaan bahaya gurita akan mempertahankan dirinya dengan cara memutuskan lengannya sendiri seperti halnya cicak dan kadal yang memutuskan ekornya saat dalam keadaan bahaya sehingga dapat mengecoh sang pemangsa untuk memakan lengannya tersebut . Tidak hanya itu gurita juga pintar dalam merubah warna kulit sesuai warna dan pola lingkungan sekitar dengan maksud melakukan penyamaran agar pandang musuh seolah-olah hanya hamparan batu karang saja namun dibalik itu nyawa musuh sedang terancam karna bila lengah gurita tersebut akan memangsanya. Namun pada saat berhadapan dengan pemangsa bila dalam keadaan terdesak atau diserang gurita akan menyemprotkan tinta hitam kemusuhnya membuat air menjadi hitam pekat dan menghalangi penglihatan sang pemangsa dengan seperti gurita akan secepat mungkin melarikan diri menjauh dari sang pemangsa tersebut.

Aku Pasti Bisa 

Gurita adalah hewan yang paling cerdas diantara hewan invertebrata lainnya. Menerut pengamat ahli hewan laut gurita mempunyai ingatan jangka pendek dan jangka panjang sehingga dapat mengingat apa yang dilihat.
Ketika itu ada seorang ilmuan yang ingin membuktikan kecerdasannya dengan cara memasukan gurita kedalam maze atau labirin dengan harapan gurita tersebut dapat mengingat jalan keluar dan berhasil meloloskan diri dan ternyata hasilnya gurita dapat melolskan diri dari labirin tersebut. Tidak hanya itu gurita juga dapat membuka tutup toples, Gurita dapat membuaka toples dengan belajar dari apa yang dilihat. Gurita juga sering memanjat kapal penangkap ikan dan membuka ruangan penyimpanan ikan untuk memakan makanan kesukaanya yaitu kepiting.

             Takdir Hidup Ku
Hewan yang bertubuh lunak ini ternyata masa hidupnya relative singkat dari hasil pengamatan gurita dapat bertahan hidup selama 6 bulan. Apakah penyebabnya? Salah satu penyebabnya adalah reproduksi, gurita jantan hanya biasa hidup beberapa bulan setelah kawin dan gurita betina mati tidak lama setelah bertelur. Kematian disebabkan lalainya gurita untuk makan selama sekitar satu bulan karena untuk menjaga teleur-telurnya sampai menetas. Ternyata gurita bisa juga stress, saat stress ia akan memakan lengannya sendiri.
Dikarenakan masa hidup gurita tidak begitu lama mari kita lesatarikan alam dibawah laut yang indah ini dengan cara tidak merusak habitat terumbu karang. Karna terumbu karang sangat berguna bagi hewan laut lainnya, terutama gurita.
     

Ditulis Oleh : Artikel ilmiah // 13.34
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.