Kamis, 31 Mei 2012

RUMPUT TERBESAR



Bumi makin PANAS! Kalimat tersebut hampir setiap hari diteriakkan oleh semua orang.Dari orang berjabatan tinggi hingga anak sekolahan tahu apa penyebab bumi kita ini mulai kegerahan.Kalau bumi ini bisa berbicara dia akan mengatakan “ hai manusia, kalian tinggal dipunggungku tapi tidak merawatku! Carilah bumi lain yang mau diperlakukan seperti itu sekarang juga! karena aku tidak mau menampung kalian dipunggungku lagi! Aku hanya akan membiarkan tumbuhan dan hewan yang tinggal disini karena merek tidak pernah melukai dan merusakku berbeda dengan kalian yang tidak tahu balas budi!”
Bumi yang tidak bisa berbicara melakukan protesnya dengan memberi banyak peringatan. Mulai dari pemanasan global,bencana alam, cuaca yang tidak beraturan,kekeringan dimana-mana dan banjir di tempat lainnya.Bumi juga dibantu oleh penyakit-penyakit baru untuk memperingati manusia karena ulahnya tidak menjaga kelestarian alam, penyakit itu ada dan bisa membasmi separuh penduduk bumi.Kita hanya bisa mengurangi kerusakan yang kita buat pada bumi tapi tidak dapat memperbaharuinya.Untuk mengurangi kerusakan yang terjadi dengan menanam pohon atau tanaman disekitar kita.Masalahya adalah tanaman apa yang menjadi solusi terbaik?Salah satu solusi terbaik dari semua masalah ini : bambu, tanaman dengan segala keunikannya yang bermanfaat.

 TAMANAN SEJENIS RUMPUT
Bambu adalah tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu memiliki banyak tipe. Nama lain dari bambu adalah buluh, aur, dan eru. Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.
Berhubung tanaman ini cepat dalam pertumbuhannya,ia sangat cocok sebagai solusi masalah dalam mengurangi kerusakan yang sudah terjadi di bumi kita ini.Bambu, yang perubahan “wujudnya” sebenarnya terbilang lambat, sebetulnya memiliki kekuatan pada akar. Satu hingga tiga tahun, pertumbuhan pohon ini dirasa lambat.

Namun, sebenarnya selama kurun waktu tersebut, akar bambu sedang tumbuh dengan pesat sehingga memiliki kekuatan yang luar biasa. Pertumbuhan bambu baru terlihat secara signifikan setelah empat tahun, dengan akar-akarnya yang juga tumbuh subur. Pada tahun kelima, setelah pertumbuhan akarnya selesai, barulah batang bambu akan muncul.Setelah itu ia akan tumbuh sangat cepat dalam seharinya melebihi semua tanaman. Sekitar 3.8cm dalam satu jam! Tidak ada tanaman lain di bumi bisa melakukan ini!. Pohon kayu keras dapat membutuhkan waktu 30 sampai 40 tahun untuk dewasa. Hal ini menjadikan bambu sebagai satu-satunya tanaman berkayu yang dapat mengimbangi tingkat konsumsi manusia dan deforestasi.
VACUM CLEANER TERBAIK UNTUK BUMI
 
Udara dibumi sudah terkontaminasi dengan berbagai macam gas dari yang berbahaya hingga tidak berbahaya.Gas tersebut asalnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.Hal yang pasti dan sudah jelas adalah gas tersebut hasil dari pabrik,kendaraan dan masih banyak lagi yang lainnya hasil  penemuan alat yang diciptakan manusia.
Layaknya karpet yang penuh dengan kotoran dan debu yang menempel harus dibersihkan dengan penyedot yang terbaik agar idak tersisa sedikitpun.Solusi yang di tawarkan saat ini adalah AC .Memang benar AC dapat menyegarkan dan menyejukkan tapi hanya dapat digunakan pada ruangan saja.Selain itu tidak baik buat tubuh dan salah satu penyebab memanasnya bumi.
Adakah pembersih udara yang alami yang bisa membersihkan udara dibumi ,bukan hanya didalam ruangan saja?Ternyata ada! Alam telah menyediakan pembersih alami itu sejak dari dulu, hanya saja kita idak mengetahui manfaatnya selama ini.Bambu dapat  menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen sebanyak 30% lebih banyak ke atmosfer dibandingkan dengan pohon-pohon pada umumnya. Hal ini membuat bambu sangat baik untuk menyerap gas rumah kaca dan memproduksi lebih banyak oksigen bersih dan segar.

 PENYELAMAT DARI EROSI 

Setelah hutan kayu keras habis ditebangi oleh manusia dengan serakahnya.Hal yang tersisa dari semua itu hanyalah lahan yang dulunya rimbun kini kosong.Humus di bagian tanah atas akan mudah terkikis sedikit demi sedikit.Akhirnya ikut hanyut terbawa aliran sungai yang sangat membahayakan satwa-satwa liar.
 Namun hal ini tidak berlaku bagi bambu, karena sistem perakaran bambu akan terus tumbuh bahkan setelah pemanenan.Lahan yang kosong akibat penebangan sangat baik ditanamani bambu memiliki tunas baru yang akan muncul dan akar bambu masih mampu menjaga kestabilan tanah dan mempertahankan nutrisi yang ada.
Bambu juga memiliki daya tahan yang kuat dan dapat tumbuh di segala macam kondisi iklim dan jenis tanah dimana tanaman lain gagal tumbuh. Ketika bambu dipanen, maka akan terus tumbuh tunas-tunas baru dari sistem perakarannya yang menakjubkan. Bambu tidak memerlukan bahan kimia, pestisida atau pupuk untuk tumbuh dan berkembang. Daun-daun yang terjatuh memberikan nutrisi yang diperlukan agar bisa didaur ulang kembali ke dalam tanah.Jadi bambu dapat mengembalikan kondisi tanah menjadi baik pasca terkena erosi.Bambu merupakan salah satu jenis pohon yang sangat baik untuk kelestarian lingkungan. Sebagai fungsi pelestari lingkungan yang paling baik, bisa kita buktikan bahwa setiap ada rumpun bambu di sana, sudah pasti ada sumber air.

BENTUK DAN KEGUNAANYA SAMA SAMA BESAR
Meskipun berlatar tanaman rumput, bambu menjadi beda lantaran karakternya.Kegunaan dan cara bambu mengekspresikan diri, menjadikannya tanaman rumput yang berbeda. Dalam kehidupan pun latar belakang, kita sebenarnya bukanlah penentu, melainkan bagaimana kita berupaya mengekspresikan potensi diri, tidak peduli latar belakang kita.

Dari bentuk bambu yang dapat mencapai ketinggian bermeter meter,tanaman ini juga memiliki manfaat yang banyak buat manusia seperti :

·         Peralatan
Bambu merupakan bahan baku dari berbagai peralatan rumah tangga yang utama .Tentunya,sebelum datangnya era peralatan rumah tangga dari plastik. Bakul nasi, tampah, bubu/perangkap ikan, tempat kue (besek), topi bambu (caping) adalah contoh dari beberapa peralatan yang terbuat dari bambu dan sampai saat ini masih digunakan beberapa orang.

·         Instrumen musik

Di Indonesia, bambu sering digunanakan sebagai alat musik tradisional yang menjadi ciri khas masing-masing daerah Indonesia. Salah satu contohnya adalah Angklung dan Seruling yang berasal dari Sunda.

·         Pengobatan

 Pada pengobatan Cina, bambu digunakan untuk mengobati dan menyembuhkan infeksi. Bambu mengandung sumber pottasium yang rendah kalori, rasa manisnya terkenal sebagai sumber protein dan nutrisi yang baik Di Indonesia, bagian bambu yang sering dimanfaatkan adalah batangnya. Namun, di Cina daun bambu juga dimanfaatkan sebagai herbal pencegah dan penyembuh penyakit. Serta dapat dikonsumsi tunasnya.

 ANTI TUMBANG!

Penampakannya sangat khas, rimbun berumpun dengan batang yang panjang serta daun yang bentuknya mirip rumput. Saat angin berembus, suara dari gesekan daun bambu memancarkan ciri tersendiri.
Sering diberitakan pohon tumbang karena tertiup angin didaerah ibu kota Jakarta.Disaat pohon-pohon lain yang terlihat kokoh dan besar tumbang karena tertiup angin .Pohon yang terlihat ramping bahkan disangsikan tahan terhadap angin malah tetap berdiri dengan percaya diri tanpa tumbang sekalipun.
Selain karena akar yang kuat, batangnya juga mampu bergoyang bersama angin. Alhasil, dalam cuaca buruk dan angin kencang, pohon bambu bisa bergoyang dan mengeluarkan desis suara mengikuti irama angin. Sementara pohon-pohon lain yang memiliki  batang lebih besar, justru tidak kuat menghadapi ganasnya angin. Inilah yang disebut fleksibilitas.
Sebaiknya menanam pohon bambu disekitar jalan raya.Daripada menanam pohon besar yang mudah tumbang dan merugikan orang yang tekena batang pohon yang tumbang lebih baik pohon bambu yang tidak berbahaya dan memiliki banyak manfaat untuk manusia dan alam.

Ditulis Oleh : Artikel ilmiah // 13.02
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.