Minggu, 12 Februari 2012

ARTIKEL ILMIAH POPULER


Si cantik yang pemalu....
Oleh Andini Sagita Oktaviani

Pada zaman sekarang yang kata orang zaman modern perempuan lebih berani untuk melakukan segala hal yang diinginkannya sampai ada yang melebihi kodratnya.. seharusnya kita semua dapat melihat sifat dari tanaman putri malu yang mempunyai rasa malu yang kononnya rasa malu yang dimiliki tanaman putri malu ini berasal dari seorang putri yang cantik jelita, kecantikannya membuat para pangeran jatuh cinta namun putri ini memiliki rasa malu yang berlebihan sehingga setiap ada yang datang untuk menemuinya putri tersebut menolaknya, seorang pangeran terus berjuang pantang menyerah sampai pangeran tersebut dapat menyembuhkan rasa malu yang berlebihan dalam diri putri tersebut dengan melemparkan baju setan dan berharap agar baju tersebut menyerap rasa malu pada putri, kemudian baju tersebut dilemparkan ke arah tanaman perdu yang memiliki daun menyirip ganda sempurna berwarna hijau dengan ujung berwarna ungu, mempunyai bunga yang cantik berbentuk bola berwarna cerah, tanaman perdu tersebut jika diberikan rangsangan akan memberikan respon dengan menutup daunnya....itulah sebabnya tanaman perdu ini disebut Putri malu (Mimosa pudica Linn)



v  Beda negara, beda nama
                 Putri yang satu ini mempunyai nama yang berbeda di berbagai negara di dunia sesuai dengan sifatnya seperti, Filiphina : Makahiya (malu), Hindia Barat : Mori vivi, Sinhala : Nidikumba (tidur), Tonga : Mate loi (Pura-pura mati), China : Rumput pemalu dan dalam bahasa Latin : Pudica (Malu/menciut).

v  Si cantik dari Amerika Selatan
           Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan atau tepatnya dari Negara Brasil, tanaman Putri malu sudah dikenal sejak tahun 1804 yang termasuk jenis tanaman liar, karena tanaman ini jarang dipelihara orang secara khusus, dan dapat tumbuh dimana saja.
Karena kesamaan iklim Negara kita dengan Negara asal putri malu (Brazil) maka tanaman putri malu ini juga dapat tumbuh subur di negara kita dan dapat tumbuh di mana saja, baik itu pada tanah yang lembab ataupun pada tanah yang gersang sekali pun. Tanaman putri malu dengan mudah dapat hidup dan berkembangbiak dan tanpa mengenal musim.



v  Deskripsi Putri malu
              Daun menyirip ganda dua sempurna, helaian anak daun berbentuk memanjang sampai lanset, ujung runcing, pangkal memundar, tepi rata, jika di raba permukaan atas dan bawah daun terasa licin, daunnya hijau dengan tepi daun berwarna ungu, jika disentuh daun akan mengatup.
                Batangnya berbeda dengan tanaman lainnya, batang putri malu membulat dan disekujur batang terdapat rambut dan duri yang menempel.
         Bunga, putri malu mempunyai bunga yang bentuknya bulat seperti bola, tidak mempunyai mahkota dan kelopak bunga yang besar dan indah seperti bunga lainnya, kelopak putri malu sangat kecil begitu juga dengan tabung mahkotanya. Bunga Putri malu mempunyai warna yang indah yaitu ungu/merah.

            Buah putri malu bentuknya kecil tidak terlihat seperti buah karena bentuknya polong, pipih seperti garis. Sama halnya dengan buah biji putri malu juga demikian kecil dan pipih.

v  Sikejut adalah penutup tanah?
Putri malu dikenal sebagai tanaman penutup tanah? Kenapa ya? Ternyata tanaman ini dapat berkembang biak dengan sangat cepat dan subur sehingga menutupi permukaan tanah di sekitarnya. Lalu kenapa juga disebut sebagai tanaman putri malu atau sebagian orang menyebutnya siKejut? Kenapa tidak disebut sebagai tanaman ‘jantungan’?
Hmm ternyata berbeda dengan tanaman lainnya tanaman Putri malu ini mempunyai keunikan tersendiri, keunikan tanaman ini terletak pada daunnya, yang bila disentuh akan menutup dan merunduk seperti halnya seorang putri bila disentuh oleh sang pangeran, maka putri tersebut terlihat seperti malu-malu. Karena itulah tanaman ini disebut  sebagai tanaman putri malu, selain dikenal sebagai tanaman Putri malu tanaman ini juga dikenal oleh sebagian orang dengan sebutan sikejut. Karena tanaman ini mudah terkejut apabila mendapat sentuhan atau ransangan dari luar sedikit saja, maka daunnya akan langsung merunduk.
Hal ini disebabkan oleh terjadinya perubahan tekanan turgor pada tulang daun. Rangsang tersebut juga bisa dirasakan daun lain yang tidak ikut tersentuh. Gerak ini disebut seismonasti, yang walaupun dipengaruhi rangsang sentuhan (tigmonasti). Tanaman ini juga menguncup saat matahari terbenam dan merekah kembali setelah matahari terbit. Tanaman putri malu menutup daunnya untuk melindungi diri dari hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang ingin memakannya.


v  Habitat
Tanaman Putri malu biasanya sering ditemukan diladang, perkebunan, perkarangan rumah, dan tempat lainnya disekitar kita. Kenapa  dapat tumbuh disekitar kita? Kenapa ya kok dapat sangat mudah kita temukan? Karena tanaman ini merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh dimana saja dan kapan saja tanpa mengenal musim. Kita juga dapat memelihara tanaman ini tanpa memberikan perlakuan khusus  untuk merawatnya.



Ditulis Oleh : Artikel ilmiah // 21.51
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.