Minggu, 12 Februari 2012

ARTIKEL ILMIAH POPULER


SI PUTIH YANG MISTERIUS
Oleh Andini Sagita Oktaviani

Tahu gak ternyata bawang putih tidak hanya berguna untuk masakan di dapur. Ataupun sebagai senjata untuk membunuh dracula atau vampire di film-film besutan hollywood yang belum jelas fakta kebenarannya tersebut. Ternyata banyak khasiat dan kandungan dari bawang putih yang sangat berguna bagi tubuh kita.

ü  Sekilas tentang si putih
    Bawang putih (Allium sativum) adalah herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm. Tanaman ini banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang cukup mendapat sinar matahari. Batangnya batang semu dan berwarna hijau. Bagian bawahnya bersiung-siung, bergabung menjadi umbi besar berwarna putih.
    Tiap siung terbungkus kulit tipis dan kalau diiris baunya sangat tajam. Daunnya berbentuk pita (pipih memanjang), tepi rata, ujung runcing, beralur, panjang 60 cm dan lebar 1,5 cm. Akar bawang putih terdiri dari serabut-serabut kecil yang bejumlah banyak. Bunganya berwarna putih, bertangkai panjang dan bentuknya payung. Sekarang di Indonesia, jenis tertentu dibudidayakan di dataran rendah. Bawang putih berkembang baik pada ketinggian tanah berkisar 200-250 meter di atas permukaan laut.
ü  
     Panggilan lokal si putih

Bawang putih ini tidak hanya mempunyai nama latin saja, Bawang putih ini di beberapa daerah di Indonesia juga memiliki nama daerah tersendiri antara lain Bawang Putih (Indonesia), Bawang (Jawa); Bawang Bodas (Sunda), Bawang handak (Lampung); Kasuna (Bali), Nusa Tenggara : Incuna, Lasuna pute (Bugis), Bhabang pote (Madura); Bawa bodudo (Ternate), Kalfeo foleu (Timor); Sedangkan dalam bahasa Inggris bawang putih disebut dengan Garlic.
ü  Keluarga besarku
a)    Bawang putih (garllc)
b)   Bawang merah (shallot)
c)    Bawang bombai (onion)
     Daun bawang (spring onlon, green onlon, scallion)
a)    Bawang prel (leek)
b)   Lokio
c)    Bunga bawang
d)   Bawang cung (chive) dan kucai
ü  Kandungan
Kandungan Kimia Bawang Putih:
  Dari setiap 100 gram umbi bawang putih mengandung :
   protein sebesar 4,5 gram.
   lemak 0,20 gram,
   hidrat arang 23, 1 0 gram,
   vitamin B 1 0,22 miligram,
   vitamin C 1 5 miligram,
   kalori 95 kalori,
   posfor 134 miligram,
   kalsium 42 miligrain.
   besi 1 miligram air 71 gram.
Selain hal tersebut, beberapa penelitian umbi bawang putih diperoleh data bahwa bawang putih mengandung zat aktif awcin, awn, enzim alinase, germanium, sativine, sinistrine, selenium, scordinin, nicotinic acid.
ü  Khasiat si Putih
Menurut beberapa peneliti yang dilakukan di Tokyo Jepang menyatakan bahwa kemampuan bawang putih menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan pada hewan percobaan sangat mengesankan. Hal itu memang tidak berarti bahwa bawang putih mampu memulihkan masa muda atau sama sekali menghambat proses penuaan. Tetapi setidaknya manfaat bawang putih membantu menghambat proses penuaan.
Di samping itu, bahan kimia SAMC yang terdapat pada bawang putih dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Dengan mengkonsumsi bawang putih, resiko terkena kanker dapat dikurangi.
Kadar kolesterol yang tinggi biasanya menjadi pertanda proses penuaan. Bawang putih yang dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Zat anti-kolesterol dalam bawang putih yang bernama ajoene menolong mencegah penggumpalan darah.
Bawang putih dapat membantu meredakan stress, kecemasan, dan depresi. Tentunya dengan efek yang lebih lembut. Bawang putih bermanfaat untuk membantu melepaskan serotonin, yakni bahan kimia yang terlibat dalam pengaturan serangkaian luas suasana hati dan tingkah laku termasuk kecemasan, murung, rasa sakit, agresi, stress, kurang tidur dan ingatan. Kadar serotonin yang tinggi dalam otak cenderung berfungsi sebagai obat penenang yang menentramkan, memudahkan tidur, dan meringankan kemurungan. Bawang putih menolong menormalkan sistem serotonin tersebut.

    Ajaib
Bawang putih merupakan salah satu rempah dapur yang bermanfaat bagi tubuh, menurut beberapa penelitian bawang putih memiliki berbagai macam kandungan kimia yang ajaib yang bisa membantu kita menjaga tubuh kita.

Ditulis Oleh : Artikel ilmiah // 20.51
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.