Selasa, 17 Februari 2015

ORGAN TUMBUHAN

Pada bab ini kita akan membahas tumbuhan berpembuluh (vasculair/mempunyai berkas pengangkut) yang secara umum meliputi pengelompokan tumbuhan berpembuluh, struktur yang berkaitan dengan fungsi, dan berbagai organ penyusun tumbuhan berpembuluh.
Tumbuhan berpembuluh atau Tracheophyta meliputi empat filum dunia tumbuhan, yaitu :

  1. Psilopsida ( terutama sebagai fosil)
  2. Lycopsida (Paku Kawat);
  3. Sphenopsida (Paku ekor Kuda); dan 
  4. Pteropsida (Paku sejati, Gymnospermae atau tumbuhan berbiji yang menghasilkan conus, dan Angiospermae atau tumbuhan berbiji yang berbunga). Angiospermae sekarang semakin berkembang menjadi kelompok tumbuhan tersesar di bumi.
Struktur umum tumbuhan berbiji dapat dijelaskan sebagai berikut. Di dalam biji terdapat embrio yang dilindungi oleh kulit biji. Embrio tersebut mendapat pasokan makanan dari jaringan penyimpanan makanan. embrio mempunyai sumbu dengan dua belah kutub, yaitu calon akar dan calon batang. di sebelah lateral sumbu terdapat kotiledon atau daun buah yang berfungsi untuk menyimpan makanan pada jaringan khusus, yang disebut endosperm. pertumbuhan akar dan batang ini, dengan pembentukan sel baru yang dilakukan oleh jaringan meristem pada titik tumbuh, diikuti dengan pertumbuhan dan diferensiasi sel. Tumbuhan dewasa akan membentuk bunga. setelah bungan masak akan terjadi penyerbukan dan pembuahan sehingga terbentuklah buah yang berisi biji. biji nantinya dapat tumbuh sehingga lengkaplah daur hidupnya. beberapa tumbuhan segera mati setelah pembentukan biji (tumbuhan semusim), sedangkan yang lain terus tumbuh untuk beberapa tahun dan menjadi semak atau pohon.

Struktur Umum Tumbuhan
Organ tumbuhan, seperti halnya organ pada hewan, tersusun atas jaringan (sekelompok sel yang mempunyai keaktifan khas). jaringan tersusun atas sel. di dalam setiap sel hidup terdapat protoplasma yang dibatasi oleh dinding sel dan di dalam sel itulah semua proses metabolisme terjadi.

secara umum, organ tumbuhan terdiri dari akan, batang, daun, dan bunga. akar tumbuh ke dalam tanah sehingga memperkuat berdirinya tumbuhan. akar juga berfungsi untuk mengambil air dan garam mineral dari dalam tanah. seperti halnya beberapa organ lain pada tumbuhan, akar juga berfungsi untuk menyimpan makanan. Pada batang daun yang berfungsi menghasilkan makanan melalui fotosintesis dan mengeluarkancair melalui transpirasi. selain itu, batang juga berperan untuk lewatnya air dan garam mineral dari akar ke daun dan lewatnya hasil fotosintesis dari daun ke seluruh sebagian tumbuhan.

Pada ujung batang dan akar terdapat meristem pucuk. Sel meristem pucuk terus menerus membelah, kemudian tumbuh dan berdefiriensiasi sehingga tumbuhan membesar. ada juga yang mengalami modifikasi membentuk sisik, yang berfungsi sebagai pelindung meristem pucuk.

Bunga merupakan alat perkembangbiakan tumbuhan. ada tumbuhan yang berbunga sempurna dan ada yang berbunga tidak sempurna. bunga sempurna memiliki benang sari sebagai alat kelamin jantan dan putik sebagai alat kelamin betina. bunga tidak sempurna ada yang memiliki benang sari, tetapi tidak melikiki putik. bungan yang demikian disebut bunga jantan. sementara, bunga yang tidak memiliki benang sari tetapi memiliki putik disebut sebagai bunga betina. ada tumbuhan berbunga tunggal, yaitu jika pada setiap tangkai hanya terdapat satu bunga. ada pula tumbuhan berbunga majemuk, yaitu jika pada satu tangkai terdapat banyak bunga membentuk rangkaian/karangan.

Untuk selanjutnya kita akan membahas lebih jauh mengenai akar, batang daun serta anatomi tumbuhan nya lebih mendalam.

Referensi :

Mulyani, Sri. 2006. Anatomi Tumbuhan. Yogyakarta: Kanisius.

Ditulis Oleh : Artikel ilmiah // 09.46
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.