Senin, 02 Maret 2015

Klasifikasi Hewan

       Pengelompokkan dan pemberian nama pada hewan didasarkan pada karakteristik yang dimiliki oleh hewan, seperti bentuk luarnya (morfologi), anatomi, fisiologi, dll. Karakteristik hewan yang digunakan oleh para ilmuan untuk klasifikasi pada ingkat filum antara lain adalah: 
  • Bersel satu atau banyak
  • Rongga pencernaan ada atau tidak
  • Asimetri, simetri bilateral atau simetri radial
  • Anggota tubuh berbuku-buku, atau tidak berbuku-buku
  • Mempunyai kerangka luar dan dalam
  • Bentuk dan letak sistem organ
Dunia hewan (Regnum Animalia) dikelompokan atas 8 filum. Filum-filum tersebut adalah sebagai berikut :
a. Filum Coelenterata, sebagai contoh adalah ubur-ubur, binatang karang, akar bahar dll. Hewan dalam filum ini memiliki tubuh yang mempunyai dua lapisan sel yang terpisah oleh rongga tanpa sel disebut mesoglea.
b. Filum Platyhelmintes atau cacing pipih, contoh cacing getar, cacing hati, cacing pita, dan planaria.
c. Filum Nemathelmintes atau cacing giling. Cacing dalam filum ini memiliki tubuh simetri bilaeral. Sebagai contoh adalah cacing kremi, cacing tambang, dan Ascaris.
d.   Filum Annelida. Hewan-hewan dalam filum ini memiliki tubuh berbuku-buku dan triploblastik atau memiliki 3 lapisan, yakni ektodermis, mesodermis, dan endodermis. Contoh untuk filum ini adalah Oligocheata (termasuk di dalamnya adalah cacing tanah) dan Hirudinae (termasuk di dalamnya lintah).
e. Filum Mollusca. Hewan-hewan dalam filum ini bertubuh lunak dan umumnya berkerangka luar. Contohnya adalah Gastropoda (termasuk di dalamnya bekicot dan keong), dan Chephalopoda (termasuk di dalamnya cumi-cumi dan gurita).
f. Filum Atropoda. Hewan-hewan dalam filum ini memiliki tubuh berkerangka luar dan kaki berbuku-buku. Contoh-contoh untuk filum ini adalah Crustaceae (Termasuk di dalamnya udang, kepiting, dan kutu kayu), Myriapoda (termasuk didalamnya lipas, belalang, kuu daun, nyamuk, kupu-kupu dan kumbang), dan Arachnoidea (termasuk kalajenking, / laba-laba, tungau, dan kutu anjing).
g.  Filum Echinodermata. Hewan-hewan dalam filum ini memiliki kulit berduri. Contohnya adalah ekinodea (landak laut, bulu babi), Asteroida (bintang laut), Ophiuroidea (bintang ular), dan Holohuroidea (tripang).
h. Filum chordata. Dalam filum ini hewan-hewan memiliki notokorda atau semacam batang penunjang tubuh terbuat dari tulang rawan memiliki tulang belakang. Filum Chordata terbagi atas 2 sub filum, yaitu sub filum Protochordata dan sub filum Vertebrata.

Dalam klasifikasi ini, filum terbagi atas sub-sub filum. Sub filum dibagi kembali atas kelas-kelas dan kelas dibagi lagi menjadi bangsa-bangsa. Bangsa dibagi lagi menjadi suku, kemudian suku dipecah lagi menjadi marga-marga. Di bawah ini anda dapat melihat contoh untuk menentukan kedudukan hewan kucing dalam jenjang klasifikasi.

                        Filum               : Protozoa
                        Sub filum        : Invertebrata
                        Kelas               : Flagellata
                        Bangsa (orda)  : Euglenoidea
                        Suku (familia) : Euglenoidae
                        Marga (genus) : Euglena
                        Jenis (species)  : Euglena Viridis

Ditulis Oleh : Artikel ilmiah // 10.26
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.